Resensi Buku Wirausaha

YouTube Channel Inspiratif, Cocok untuk Wirausaha

YouTube sudah menjadi bagian dari keseharian orang. Ketika semua (sebenarnya tidak semua, tapi banyak sekali) orang menjadi pemain YouTube, baik jadi pembuat konten, penonton pasif, maupun penonton aktif. Trus, mana ya konten yang pas buat nyari inspirasi usaha?

Sekedar flash back. Berbagi video dulu nyaris mustahil. Karena video susah dibuat, dan ketika sudah bisa dibuat, ukuran dokumennya buessaar. Kalau berbagi teks sudah kebayang sejak era blog. Tetapi berbagi video itu ide gila. Berapa besar kapasitas penyimpanan yang diperlukan? Belum lagi berapa cepat internet bisa mengunggah dan mengunduh dokumen video?

Tetapi teknologi berkembang. Gawai makin perkasa, penyedia layanan makin meraksasa. Lahirlah YouTube pada sekitar 2005. Singkat cerita setahun kemudian YouTube di beli Google dan menjadi platform video terbesar seperti sekarang.

Mencari Konten Inspiratif di Belantara Gambar Hidup

Konten YouTube sungguh luar biasa banyaknya. Dari yang penting sampai yang receh. Yang mutu sampai yang maksiat. Tentu penting atau tidak sangat personal ya. Nah, khususon nih, bagi yang ingin melihat tayangan video nan menyuburkan pengembangan jiwa usaha, berikut lima rekomendasi ujungaspal. Silakan klik subjudul untuk masuk ke channel-nya, atau mainkan (play) video untuk melihat favorit kami.

  1. Pecah Telur

Salah satu konten yang kami suka dari kanal ini adalah kisah pengusaha keset kain perca, dari sambilan saat toko tak ada pembeli, hingga jadi bisnis beromset ratusan juta dengan 700 menuju 1000 mitra.

Konten kanal PecahTelur ini rapi dan dibuat dengan pendekatan yang pas. Tidak banyak, atau nyaris tidak ada wawancara yang membosankan. Para tokoh bercerita sendiri tentang perjalanan usahanya. Pendekatan yang bagus untuk menggugah empati dan kesan mendalam. Disamping itu, tokoh yang dipilih memang yang memiliki perjalanan usaha yang luar biasa menurut kami.

2. Dr. Indrawan Nugroho – YouTube

Konten YouTube yang inspiratif, tidak harus berupa kisah sukses seorang pengusaha. Seperti yang ini. Ini adalah Channel YouTube Inspiratif, yang isinya adalah ‘kuliah’ branding dan pemasaran oleh pakar Inovasi, Dr, Indrawan Nugroho. Beliau adalah konsultan dari KUBIK dan akhirnya menjadi CEO Corporate Innovation Asia (CIAS), perusahaan konsultan inovasi.

Cara menyajikan materi Dr. Indrawan sangat menarik dan padat. Jadinya, kita bisa menimba banyak ilmu dari vide-video singkat yang di kreasinya. Oya, kualitas videonya juga ciamiikk.

3. Pandji Pragiwaksono

Ini kan kanal komedi bro? Eits, jangan salah. Pandji Pragiwaksono memang terkenal sebagai komika atau stand-up comedian. tetapi di antara ratusan konten yang dibuatnya banyak diantaranya yang bergizi buat menambah wawasan pengembangan usaha atau mental usaha.

Lihat saja ketika Pandji memberi ‘kuliah’ anak-anak SUCI IX di KOMPAS TV tentang bagaimana membentuk mindset menjadi pelawak yang mengerti hakikat mengembangkan diri. Karena uang dan seterusnya adalah akibat saja dari keseriusan mengembangkan diri itu. Kata ia. LIhat juga kategori konten Marketing Versi Pandji (MVP) atau Weekly Vlog 00:44-nya. Mantep beut.

4. Handoko Tantra

Channel satu ini banyak menyajikan tips praktis wirausaha. Dari mulai bisnis online tanpa modal hingga peluang-peluang usaha yang beliau sarankan untuk pemula maupun yang berpengalaman.

5. CapCapung

Channel Youtube Inspiratif dengan nama CapCapung juga menyajikan pengalaman wirausaha yang layak dipelajari. Video unggahan kanal ini dibuat dengan bagus dan enak ditonton pula.

Kanal YouTube seperti di atas biasanya dibangun oleh individu atau akhirnya didukung oleh tim kecil atau besar. Hal ini memberikan warna yang unik. Karena radius liputannya biasanya terbatas, sehingga warna budayanya akan khas. Akhirnya, banyak menonton kanal-kanal seperti ini seperti mendatangi banyak daerah, dan ilmunya bisa disesuaikan dengan minat kita, keunggulan juga kelemahan kita, dan pasti dengan kedekatan kita.

Demikian lima Channel YouTube Insiratif yang saya kasih jempol. Terimakasih kepada para tokoh ini, semoga sukses selalu. Tambahan saja, untuk mendapat banyak saran video sejenis dari mesin YouTube, tonton saja mereka, dan selebihnya, YouTube akan memberikan pilihan lain sejenis ke dalam lini masa Anda. Terimakasih untuk Algoritma.

Salam Start!***

Leave a Comment