Usaha Kuliner

Usaha Sambal Botolan

sambal botol
Written by Kang Amin

Dulu, tahun 2010 an, saya terilhami ‘namprik’ atau sambal kemasan yang popular di Thailand, juga sukses Sambel Bu Rudy dari Surabaya, rasanya tak berlebihan kalau komoditas akhirnya bisa menjadi pilihan usaha mudah tetapi cukup unik sehingga pasarnya bisa dibuka luas. Itulah bisnis sambal botolan atau sambal dalam kemasan botol atau toples kecil.

sambel

Sambal kreasi pertama Ujungaspal.com, tahun 2010.

Usaha sambal kemasan memang relatif baru di Indonesia, namun melihat asesoris makan ini sangat populer bahkan hampir semua keluarga membuat sambal dalam menu harian mereka, pasar untuk sambal sangatlah besar. Keluarga modern yang sibuk sehingga tak ada waktu banyak untuk memasak, namun tetap ingin makan tradisional, adalah calon konsumen utama sambal kita nantinya.

bu rudy

Jika bisa menemukan sumber cabai yang murah, tentu usaha ini bisa dilakukan dengan baik. Nah, mengenai resep, mengapa harus khawatir? Setiap keluarga memiliki resep sambal khas. Kami di dapur ujungaspal.com, bereksperimen membuat sambal tabur atau sambal kering yang kami beri nama DASZAT atau Pedas dan Lezat. Resep sambel daszat bisa dilihat di sini.

Kembali ke sambal kemasan, berikut adalah jenis-jenis sambal kemasan yang ada di pasar.

1. Sambal Basah

Sambal BuNdut adlah sambel debutan baru yang mulai disukai. (distribor sambal ini adalah juallauk.com)

Sambal BuNdut adalah sambel debutan baru yang mulai disukai. (distribor sambal ini adalah juallauk.com)

Sambal basah dibuat dengan mengolah bahan-bahan sambel seperti Cabai, Bawang merah, Bawang Putih dll melalui teknik goreng. Bentuk akhirnya berupa sambal dengan tekstur berminyak.

Kategorinya ini sebut saja sambal Bu Rudy (Surabaya), Sambel BuNdut (Semarang), sambal Kanwa (Surabaya), Sambal FIRA (Bekasi). Anda punya referensi sambal lain? Silakan tambahkan melalui komen di bawah artikel ini.

2. Sambel Tabur

ninoy abon cabai

Sambal tabur berbasis Cabai Kering yang dihaluskan. Contoh yang terkenal adalah Abon Cabe Ninoy atau Sambal Radja. Ujungaspal.co juga pernah bereksperimen dengan Srundeng Cabai DasZat.

Pabrikan besar ada juga yang memproduksi sambal jenis ini.

3. Sambal Padat

Sambal basah namun dengan tekstur lebih padat, sebut saja sambal pecel Dan kebanyakan sambal produksi Thailand.

4. Sambal Ikan

Sambal jenis ini menggunakan bahan ikan sebagai bahan utama selain cabai. Sambal ikan paling populer sebut saja Sambal ikan roa, ikan teri dan Tuna.

sambel_ roa_judes

Merek yang beredar seperti Roa Judes, Roa Opa Jacobs, Oseng Tuna Saidah, oseng Tuna Otaji dll.

Jadi silakan mencoba berbisnis sambal dan ber-se…ha .. kata orang sunda mennirukan suara orang kepedasan nikmat. Salam berusaha!***

2 Comments

  • Salam kenal,
    Perkenalkan saya Gerry dari PT. Innopack Jakarta, pabrik plastik dan produsen spesialis PET; Jar/Toples dan Botol, hendak bermaksud menjalin kerja sama di bidang food plastic packaging (kemasan plastik untuk makanan dan minuman), yang mana cocok dipakai untuk mengemas produk makanan/snack: Sambal, seperti yang Bapak/Ibu miliki. Sebagian produk-produk kami dapat dilihat di http://www.inno-pack.com, dan jika ada pertanyaan, hal-hal yang kurang jelas dan keterangan lebih lanjut, dapat menghubungi kami di Telp.021-535 8688, Fax.021-535 0808, HP: 0812-9556 4135, WA: 0877-8413 9169, atau Email gerry.kurnia@inno-pack.com. Terima kasih.

Leave a Comment