Catatan Ujungaspal Pemasaran

Superindo Berkebun: Belanja Sambil Menanam

Written by Kang Amin
Superindo Bekebun (ujungaspal.com) Tren urban farming atau berkebun untuk warga perkotaan sedang marak saat ini. Berbagai metode berkebun seperti organik, hidroponik dan aquaponik banyak dipraktekkan warga perkotaan.

Di Bekasi, Superindo Jatiasih menyelenggarakan kegiatan Superindo berkebun. Sebuah kegiatan unik  yang tidak banyak (untuk tidak menyebut satu-satunya) dilakukan oleh sebuah Supermarket. Dalam sebuah pendekatan penglolaan usaha modern yang dituntut memperhatikan 3-P: People, Profit dan Planet, maka inisiatif seperti ini sangat relevan. Dalam jangka panjang perusahaan yang menginvenstasikan sumberdayanya dalam 3-P ini diyakini akan memiliki energi keberlanjutan usaha yang lebih kuat.

Superindo Berkebun memang tak lepas dari peran sebuah organisasi yang bertajuk Waste for Change yang ditulis dengan Waste4Change. Organisasi ini bekerjasama dengan jaringan Superindo untuk memanfaatkan barang-barang sisa alias limbah untuk dimanfaatkan menjadi barang-barang yang lebih bermanfaat. Diantaranya adalah sisa sayur dan buah yang diubah menjadi pupuk kompos.

Mau belajar Hidroponik? Baca di sini.

Superindo berkebun memanfaatkan lahan yang ada di kompleks Superindo jatiasih seluas kurang lebih 200 meter persegi. Para pelanggan Superindo diajak untuk mengelola tanah tersebut menjadi kebun sayuran dengan cara bertani semi organik. maka jadilah berjenis-jenis sayuran seperti selada, tomat, terong, bayam bahkan pohon sayur asing seperti kale keriting, pagoda dan lain-lain tumbuh pada lahan ini.

Bu Erna dari Dinas Perikanan dan Pertanian kodya Bekasi, berbagi ilmu dalam bercocok tanam (Foto: Ist)

Menggandeng pihak pemerintah, dalam hal ini Dinas Perikanan dan Pertanian Kodya Bekasi, kelompok ‘petani’ ini mendapatkan bimbingan teknik bercocok-tanam dan bantuan berupa bibit tanaman. Setiap akhir pekan para ‘petani’ urban ini bertemu di Superindo Jatiasih untuk mengasah hobi berkebun sekaligus bertukar pengalaman mengenai masalah-masalah tanaman. Setiap bulan ada materi khusus yang dibawakan oleh ahli mengenai ilmu pembibitan, pemupukan, hama dan sebagainya.

Panen sayur di Superindo Berkebun (Foto: ujungaspal.com)

Inisiatif Superindo Berkebun adalah sebuah langkah unik yang layak mendapatkan apresiasi dan dukungan.***

2 Comments

Leave a Comment