Mari Membuat

Koi Berani dan Lincah, Bagaimana Caranya?

Filter-Kolam-Koi-3

Koi saya kok sukanya ngendon di dasar kolam ya? Koi saya sudah ditebari makanan, tetap saja tak mau naik ke permukaan. Pengen deh bisa hand feeding ke ikan koi. Apakah harus koi impor yang bisa nurut, jinak dan berani dekat dengan orang begitu ya?

Seabreg tanya soal itu. Jawabnya juga tak kalah segunung. Malah ada yang pernah memberi jawaban nan membuat patah hati, misalnya: wah kalau ikan takut begitu, bukan koi tuh. Waduuhh … mama sayangeee. (Kata Abdur Suci, Kompas TV).

Nah, jika mengalami masalah itu dan ingin koi menjadi jinak sekaligus berani kepada kita. Bukan berani nantangin ngajak berantem ya? Maksudnya tuh tidak ngumpet saat di dekati orang. He he. Ini ada nih, beberapa tips dari pengalaman penulis memelihara koi lokal seharga 70 ribuan seekor, bahkan ada yang 15 ribuan seekor.

Kuncinya menurut penulis nih, ada 4:

  1. Kondisi air kolam harus sehat dan segar. Filter adalah kuncinya.
  2. Buat ikan nyaman dengan kedalaman yang cukup, naungan dan sebagainya.
  3. Suhu muka air terjaga, jangan sampai menghangat, Air hangat, kadar O2 nya bakal menurun.
  4. Ada tempat berlindung bagi ikan. Tempat berlindung bukan selalu berupa lubang perlindungan. Tapi kedalaman yang cukup itu juga jadi perlindungan.
  5. Sering didekati dan diajak interaksi.
  6. Beri makan secukupnya jangan terlalu over. Ini selain menjaga kesehatan ikan, kesehatan air kolam, juga membuat mereka suka didekati karena instingnya mengatakan, Wah mau dikasih makan nih.
  7. Yang terakhir konon ada ikan-ikan yang bisa membat kawanan koi berani sepertti jenis Cagoy. Boleh saja dicoba. Menurut pengalaman, ada juga ikan lain yang memang dasarnya senang berinterasi dengan orang bisa dijadikan pemancing.

Oke … segitu dulu ya .. jangan lupa tonton video-video kami. Terimakasih. ***

Leave a Comment