Catatan Ujungaspal

Peluang Usaha: Mencari Biang Kerok!

Written by Kang Amin
Peluang Usaha ujungaspal.com. Siapa yang suka dengan biang kerok? Hampir bisa dipastikan tak ada.Ya iyalah, karena dia adalah pelaku antagonis yang dibenci seantero kampung … Tapi ternyata biang kerok yang satu ini dicari-cari. Utamanya oleh para wirausahawan. Nah lo?

Mengapa para wirausahawan mencari biang kerok? Tak lebih karena biang kerok alias biang masalah inilah yang bisa membuat seorang yang berjiwa entrepreneur terpicu dan terpacu untuk memutar otak memeras ide untuk mencari solusi. Nah, solusi inilah yang memiliki nilai sehingga melahirkan bisnis.

Jadi jika Sahabat Ujungaspal ingin menjadi wirausahawan. Tes pertama yang harus Anda jalani adalah menemukan biang kerok. Jika Anda bisa menemukan sebuah masalah di sekitar Anda, langkah berikut untuk menjadi penyedia solusi menunggu Anda. Saat itulah roda usaha itu bisa diputar. Orang bisa menyebutnya, peluang usaha.

Tak sedikit calon usahawan bukan mencari masalah orang untuk diselesaikan, alih-alih dia berpikir dengan masalahnya sendiri sehingga ketika memulai usaha, tak segera mendapat sambutan pelanggannya.

Siapa penemu Biang Kerok?

Para penemu atau inventor jaman dulu adalah contoh ideal para pencari biang kerok dan mengalahkannya. Penemu mobil, penemu pesawat, penemu listrik, penemu bola lampu dan seterusnya adalah mbah-mbahnya pemburu biang kerok. Namun jangan berkecil hati, miliaran pengembangan dari ide awal itulah saat ini yang benar-benar menjadi prototype bisnis yang diawali dari diketemukannya masalah.

Contoh populer adalah di dunia angkutan udara. Terimakasih kepada Wright bersaudara yang menemukan pesawat revolusioner ini di awalnya. Namun Tony Fernandez menemukan masalah pada harga tiket pesawat yang mahal dan melecutnya untuk melahirkan Air Asia. Maskapai penerbangan berbiaya murah!

Masalah aroma minyak angin yang dicap sebagai parfum ndeso melahirkan pengusaha minyak angin beraroma gedongan. Lahirlah, minyak angin aroma terapi yang kini membukukan omzet besar dan melahirkan banyak follower.

Begitulah, mereka itulah para penemu biang kerok yang menaklukannya dan mengubahnya menjadi peluang usaha yang jitu dan melahirkan nilai yang bermanfaat. Jadi apakah Anda sudah bisa menemukan biang keroknya? Kalau belum coba petunjuknya di sini.***

Leave a Comment