Potret Wirausaha Usaha Kuliner

Nasi Goreng dan Ide Waralaba ErikaFood

Written by Kang Amin
Berawal dari bumbu nasi goreng buatannya yang khas, muncullah ide memproduksi masal untuk pasar yang lebih luas. Bahkan franchise atau waralaba pun siap ditawarkan.

Nasi GorengNasi goreng adalah salah satu menu terpopuler di Indonesia bahkan Asean. Ia ada di seluruh lapisan, mulai versi gerobak, warung hingga restoran berbintang. Apa yang bisa dilakukan agar usaha nasi goreng berkembang? Kisah Jafar dan Erika food berikut adalah inspirasi.

Memang benar, yang membuat usaha menjadi besar salah satunya adalah cita-cita. Cita-cita kemudian diturunkan menjadi rencana kerja dan dieksekusi serta diperbaiki terus menerus.

Apa yang dilakukan Jafar (35 tahun) yang memulai usaha kuliner di Lumajang Jawa Timur ini adalah contoh penerapan langkah pengembangan bisnis di atas. Jaffar dan istri tercintanya, telah berhasil menjalankan warung makan yang menyediakan menu andalan nasi goreng, mi goreng dan ayam krispi. Namun ide dalam kepalanya berkembang dan membuatnya tidak berhenti di situ.

Pengembangan Ide USaha

 

Pria asli Lumajang ini menyimpulkan bahwa kunci berbisnis kuliner adalah rasa. Elemen penting dari rasa makanan adalah bumbu. Jadilah jafar dan istrinya mengembangan bumbu racikan nasi goreng siap pakai. Bumbu ini ia tawarkan kepada teman-temannya. Alhasil, setelah menawarkan bumbu racikannya dengan semangat dan keyakinan tinggi, tercatat saat ini ada lima warung nasi goreng di Lumajang dan Jember yang telah menggunakan bumbu buatannya.

Bumbu Nasi Goreng

Kios Erika Food, bercita-cita untuk menjadi pewaralaba Nasi Goreng. (foto: koleksi erika food)

Implementasi atas ide sudah dilakukan, maka sekarang Jafar melakukan perbaikan dengan memikirkan Perbaikan dari sisi branding ata pengelolaan Nama. Nama bukan sekedar tulisan atau kata, namun menyangkut nama baik, ingin dikenal sebagai apa dan seterusnya. Memang salah satu unsurnya adalah nama lahiriah yang sering disebut merek. Untuk itu, Jafar menamai bumbu nasi goreng khas Jafa r ini dengan label Erika Food, sesuai nama istrinya. Kemasan pun juga diperbaiki untuk meningkatkan penampilan produknya.

Bumbu nasi goreng Erika kini dipersiapkan untuk menjadi produk massal yang dapat dibeli oleh siapa saja. Untuk mendukung cita-cita ini, Jafar memanfaatkan media sosial dan internet untuk memasarkan produknya. Para pedagang nasi goreng dapat menggunakan bumbu Erika Food ini untuk sajian nasi gorengnya secara cepat dengan harga yang pas dengan perhitungan biasa produksi. Ibu-ibu rumah tangga pun dapat memanfaatkan produk ini untuk sediaan di rumah, sehingga memasak nasi goreng menjadi lebih mudah dan cepat.***

Leave a Comment