Artikel Pilihan

MODAL USAHA: Penting Tapi Bukan Segalanya.

Written by ujungaspal

Memulai usaha adalah momentum yang ‘keramat.’ Maksudnya bukan angker :-)) tetapi penuh tantangan. Kombinasi antara takut, khawatir, niat yang menggebu sekaligus bingung mulai dari mana.

Ada juga yang merasa tidak ada peluang. Karena ia tak punya MODAL. Ia tak salah, karena menurutnya, modal selalu sama dengan UANG.

Benarkah usaha harus selalu dengan MODAL? Tak bisakah hanya dengan modal? Modal kecil bukan MODAL besar.

Kalau MODAL selalu jadi tumpuan alasan. Maka usaha sampai kapan pun tak akan pernah terwujud. Karena modal sesungguhnya tak selalu dengan uang. Begitulah kata hampir semua ahli wirausaha. Saya cuma mengulangi. he he he.

Tapi ada benarnya. Saya mau cerita soal memetakan peluang. Cerita ini diilhami sebuah kisah nyata meskipun tak sama persis alurnya. Begini. Sudah lama Pak Agus menganggur. Pekerjaannya adalah pengusaha. Usahaaa… terus tiap hari. He he. Bagus dong. Artinya dia punya semangat. Dan otaknya selalu berpikir.

Suatu ketika bertemulah ia dengan Mama Uci, tetangganya yang pintar bikin kue. Dari sinilah ia mulai melihat jalan. Ia punya sepeda motor jelek tapi ngacir. Mama Uci bisa membuat brownies atau bronis enak dan murah. Jadi bronis Mama Uci bisa ia jual.

Tapi menjual langsung bronis ia tak mampu. Tak ada passion di situ. Ia sudah terlanjur suka jalan. Makanya ia gabung dengan Ojek online. Titip! Itu kata kuncinya. Bronis nya akan ia titip di warung dekat sekolah. Jadi!

Jadilah Bang Agus menawarkan kue bronis kemasan seribuannya ke warung-warung. Dari lima warung yang ditawari, ada satu yang mau. Mulailah ia dari satu warung itu. Usaha pun dimulai. Apa modalnya? Konsep usaha. Kalau konsep sudah jelas, modal uang jadi nomor dua. Apalagi skala usahanya masuk akal dengan kemampuan keuangan kita. Artinya usaha yang dirancang, sesuai dengan kemampuan keuangan yang ada.

Seandainya pun uang benar-benar nol besar, jika konsep usahanya jelas seperti punya Bang Agus, tak sulit meyakinkan orang untuk meminjamkan modal. Mengapa? Karena konsepnya jelas. Semangatnya tinggi. Dan besarannya masuk akal.

Anda punya cerita atau masalah mengenai modal? Ceritakan kepada kami. bengkel Wirausaha akan membagi cerita Anda dan dengan berbagi, insya Allah akan menemukan jalan keluarnya bersama.***

Leave a Comment