Usaha Kreatif

Santadoges REZA: Kerajinan Kulit Bekasi

santadoges reza
Written by Kang Amin

Kerajinan  kulit Bekasi. [ujungaspal.com] Pak Asril berbisnis kerajinan kulit di Bekasi, kota yang tak identik dengan produk berbasis kulit. Ini strategi beresiko namun di sisi lain justru membuat brand-nya oustanding atau beda dengan yang lain.  Ujungaspal membantu UKM seperti Santadoges Reza ini, bersosialisasi lewat dunia internet.

Begitu berbicara soal produk kulit, yang muncul seketika adalah nama kota seperti Bandung, Surabaya, Jogja atau malah Garut. Bekasi tak pernah dibayangkan orang memiliki produsen kerajinan kulit. Maka ketika Pak Asril mengembangkan usaha ini, terdengar seperti hal yang aneh bin mustahil.

Pak Asril tetap pada keyakinan usahanya, selain memang industri ini yang ia kuasai ilmunya. Lambat laun usahanya berkembang dan tips utamanya adalah : rajin-rajinlah bersosialisasi dengan banyak mengikuti pameran atau bazaar dan yang agak unik: mengorganisir diri dengan pemain sejenis!

Faktanya, di Bekasi terdapat lebih dari 120 usahawan kerajinan kulit. Semuanya merupakan perajin yang aktif dan memiliki kualitas produk yang baik. Pak Asril, adalah salah satunya yang juga ketua pengrajin khusus Santadoges yang tak lain adalah singkatan dari: sandal, tas, dompet, dan gesper.

Produk Santadoges Reza. Produk kerajinan kulit bekasi yang berkualitas tinggi. (foto: ujungaspal.com)

Produk Santadoges Reza. Produk kerajinan kulit bekasi yang berkualitas tinggi. (foto: ujungaspal.com)

Tentang Santadoges REZA

REZA adalah merek dagang milik Pak Asril yang menandai semua produknya, mulai dari gesper seharga Rp. 150 ribuan hingga tas laptop yang mencapai kisaran Rp. 2,5 juta.

Kisah pergulatannya dengan kulit dimulai sejak ia menekuni kuliah di Akademi Teknik Kulit (ATK) Yogyakarta tahun 1987-an. Dari kampus calon ahli kulit di bilangan Jl. Diponegoro Jogja itulah lelaki yang kini memiliki tiga cucu dari tiga anak ini mulai meniti ketrampilan mengolah kulit menjadi barang-barang yang bernilai jual dan seni fesyen tinggi.

Produk-produk kerajinan kulit Pak Asril dicipta di bengkelnya yang bertempat di Jl. Raya Hankam Bojong Nangka II No. 26 Jatirahayu, Bekasi. Di sana ia dibantu oleh delapan orang pekerja yang ia rekrut dari wilayah sekitar bekasi dan luar daerah seperti Bogor untuk bekerja bersamanya.

Mereka mampu bekerja dengan kualitas terjaga untuk menghasilkan 10 pasang sepatu sehari disamping tas yang mencapai dua buah sehari. Semuanya mereka buat dengan ciri warna kulit asli tanpa pewarnaan khusus.

Produk kerajinan kulit Bekasi merek REZA kini sudah banyak dipajang digaleri seperti Pasar Seni Ancol Blok A3,4,5,6,(Telp. 021.6415612), Sarinah Thamrin Lt. VII, Bekasi Square 1st Floor No. 139-140 (Telp. 95413004, 08569243004) dan Blok M Square Lt. UG. Jadi siap memakai sepatu dan tas kulit Made in Bekasi?***

Alamat REZA Leather Product
Jl. Raya Hankam Bojong Nangka II
RT. 003/07 No. 26 Jatirahayu
Pondok Melati, Bekasi
Telp. 021.8466508
HP. 08129893778, 08176642610
email: zra12pm@yahoo.com

10 Comments

Leave a Comment