Resensi Buku

Keajaiban Rezeki: Ilmu ‘Kaya’ Ala ‘Otak Kanan’

Written by Kang Amin

Keajaiban Rezeki – Buku karya IPPHO SANTOSA ini terbukti telah menjadi buku terlaris alias best seller di toko buku-toko buku utama di Indonesia. Sejak dicetak pertamakali tahun 2010, buku ini telah mengalami reprinting sebanyak 27 kali dengan oplah yang super besar. Buku ini juga beredar di seluruh Indonesia bahkan manca negara, didorong dengan rangkaian seminarnya yang berjalan nyaris tanpa henti sepanjang tahun.

Adalah IPPHO SANTOSA, seperti ditulis dalam buku ini, seorang anak manusia yang jauh dari kesempurnaan pada masa kecil dan masa mudanya namun dengan perjuangannya berhasil menjadi ‘somebody’ dari perjuangan karir dan usahanya, Akhirnya ia menjadi inspirator dan motivator yang seminarnya dihadiri banyak eksekutif puncak dan para selebrita.

7-keajaiban-rejekiIa juga menjadi pembicara di negara-negara seperti Jepang, Amerika, Australia dan tentu negara-negara tetangga. Dari perjalanannya, ia berkesempatan bertukar pikiran dengan tokoh-tokoh seperti para pemimpin konglomerasi sebut saja Sandiaga Uno, Chairul Tanjung, para tokoh pemerintahan hingga duta-duta besar sampai tokoh kaliber dunia seperti Donald Trump, Robert dan Kim Kiyoshaki (Penulis buku terkenal Rich Dad Poor Dad).

Apa sebenarnya isi buku ini sehingga disukai begitu banyak orang? (Testimoni pembaca buku ini sungguh panjang belum lagi ditambah ungkapan di jejaring sosial dan forum-forum dunia maya.) Buku bersampul coklat dengan gaya penulisan yang spontan cenderung provokatif, mirip dengan gaya presentasi motivator di atas panggung ini membahas mengenai kebahagiaaan dan kesuksesan hidup manusia, dan bagaimana mencapainya. Sesungguhnya pencarian manusia akan kebahagiaan hidup yang dikaitkan dengan kesuksesan materi adalah bahasan sejak dulu. Banyak pendekatan yang dipakai oleh motivator saat itu, namun kebanyakan bermuara pada sistem dagang berjenjang atau Multi Level Marketing. Akibatnya motivasi-motivasi yang ada menjadi semacam trik untuk menjaring orang masuk dalam jaringan MLM. Bahkan tulisan sekelas Poor Dad Rich Dad pun dianggap sebagai buku sakti penjualan MLM.

Hanya-2-Menit

Kemudian fenomena buku The Secret muncul … kemudian sepertinya ada kesadaran masif dari para pemikir mengenai motivasi, kepribadian, dan kesuksesan yang mengarah pada spiritualitas sebagai kunci sukses: baik materi maupun spiritnya. Sebut saja karya Anthony Robins Membangkitkan Raksasa dalam Diri, buku-buku Bong Chandra, kemudian dari Ustadz Jusuf Mansur seperti Keajaiban Memberi, Keajaiban Shalat Dhuha, dan seterusnya sehinga saat ini hampir semua motivator (sebutan untuk menyederhanakan profesi pemikir dan penganjur kebahagiaan dan kesuksesan hidup ini) seperti sepakat untuk mengarahkan kebahagian itu pada sandaran spiritual.

Tujuh Keajaiban Rezeki memberikan pencerahan kepada pembacanya mengenai cara yang pasti, berkah dan sesuai syariat (Islam) dalam mendapatkan kesuksesan dunia dan akhirat. Caranya ada 7 hal yang harus dipahami dan amalkan.

Percepatan-Rezeki

Tujuh Bab yang ada, di ilustrasikan sebagai lapisan-lapisan lingkaran yang berawal dari Lingkaran Diri dan meluas sampai kepada lingkaran Ilahiah. Bab-bab yang ada berusaha menjelaskan masing-masing lingkaran ini sebagai sebuah tangga menuju kesuksesan dunia dan akhirat.

betakung

Ingin Beli Bukunya? Kunjungi toko buku Bekas online BETAKUNG.

1. Sidik Jari Kemenangan (Lingkar Diri)
Intinya adalah menuliskan cita-cita atau keinginan dengan pasti. bentuk, jumlah dan kapan mimpi itu diinginkan akan terwujud. Dalam dunia motivasi, ini yang biasa disebut Impian ayau Dream. Dalam dunia MLM jaman dulu, para agen diminta menempelkan gambar rumah atau mobil mewah dalam bukunya, sebagai pembakar semangat. Sayangnya pada masa itu (kesannya) hanya materi saja yang ditekankan.

2. Sepasang Bidadari (Lingkar Keluarga)
Ini adalah ilmu mengenai berbakti kepada Ibu dan menyayangi dan bertanggungjawab dalam arti yang lebih egaliter dan saling menguatkan pada Istri atau keluarga.

3. Golongan Kanan (Lingkar Diri)

Ini adalah yang menjadi ‘pembeda’ seorang IPPHO, yaitu Otak Kanan. Otak kanan atau berpikir cara ‘Kanan’ akan menjadi kunci keberhasilan dan lompatan. (Meskipun sesungguhnya definisi otak kiri dan kanan terus menjadi bahan kajian sampai saat ini.) Berpikir lateral dan out of the box sebenarnya yang menjadi inti pesan.

Kelebihan dalam Bab ini adalah mengenai ilmu sedekah yang dikuatkan dengan logika otak kanan, karena jika dipikir dengan matematika dagang biasa tentu menjadi anti kesuksesan.

4. Simpul Pedagang (Lingkar Sesama)

Ini yang cukup menantang: untuk sukses materi, jalannya adalah berdagang. Jadi, siapkah menjadi bisnisman? Logika ini memang masuk akal. Untuk mendapatkan rejeki yang tidak disangka-sangka, satu-satunya jalan yang masuk akal dan masuk halal adalah dagang. Jika tiba-tiba di rekening Anda ada uang kredit 100 juta .. sementara Anda adalah pegawai negeri … bisa jadi itu adalah …?

5. Perisai Langit (Lingkar Diri)

Ini mempertajam mengenai hal-hal berkait dengan ibadah dan sedekah. Bagi yang sudah terbiasa sedekah sebenarnya hal ini hanya menjadi pembenar saja. Mengenai balasan Allah, tak selalu berupa harta yang banyak, bisa jadi kesehatan, keselamatan dan seterusnya adalah wujud balasan atas sedekah kita. Wallahu alam.

6. Pembeda Abadi (Lingkar Diri)

Ilmu marketing sudah mengajarkan mengenai hal ini, yaitu diferensiasi, personal branding atau branding itu sendiri. Intinya adalah bahwa Anda harus memiliki kekuatan khas untuk menjadi sukses.

7. Pelangi Ikhtiar (Lingkar Diri)
Bab ini menjelaskan 7 sesuatu yang mendukung anda membuka rezeki Anda. Tujuh hal itu adalah Impian, Tindakan, Kecepatan, Keyakinan, Pembelajaran, Kepercayaan dan Keikhlasan yang masing-masing mengkait satu sama lain.

Buku 7 Keajaiban Rejeki telah menginspirasi banyak orang, ribuan diantaranya mengalami keajaiban (menurut statemen dalam buku ini). Buku ini layak Anda baca tentu saja dengan kedewasaan yang cukup.***

Leave a Comment