Usaha Kreatif

Buku: Membuat Kerajinan dari Barang Bekas

Written by Kang Amin

Usaha yang paling menantang dan banyak dibicarakan orang saat ini adalah bagaimana membuat komoditas dari barang limbah atau barang bekas. Usaha seperti ini sangat ideal tidak hanya bagi orang yang memiliki modal tipis, melainkan juga yang baru pertama terjun ke dunia bisnis. Mengapa? Yang pasti resikonya lebih kecil.

Buku ini sangat menginspirasi bagi kita terutama untuk memecahkan mitos: yang tidak mungkin menjadi mungkin. Kak Rubi, sang penulis, yang juga adalah pendidik alias guru sekolah, memilih bahan untuk membuat kerajinan yang bernilai seni dan fungsi yang layak jual ini ‘hanya’ dari koran bekas, barang yang selalu kita buang begitu saja.

Barang ‘tak berguna’ itu ditangan Kak Rubi menjadi barang yang bernilai guna bahkan bernilai rupiah, seperti kotak pensil, kotak tissu, hiasan bentuk kapal, vas bunga kering, dll. Rahasianya adalah ketrampilan yang bisa diperoleh dari jam terbang, ketelitian dan ketekunan. Modal berupa uang yang diperlukan tidaklah terlalu banyak, paling hanya untuk mengadakan cat, lem, gunting dan kopi kental!

Memulai Usaha.
Membuka sebuah usaha adalah sebuah tantangan. Orang biasanya terjun ke dunia ini karena haus akan tantangan itu. Sebagian lagi  terpaksa karena susah mencari pekerjaan kantoran yang terlanjur jadi mimpi hampir semua orang. Yang lain karena memang sudah terdidik dari kecil dalam keluarga pengusaha sehingga ketika dewasa, jalur hidupnya mengikuti arus besar keluarganya.Tipe yang tak kalah banyaknya adalah mereka yang banting stir dari kerja sebagai karyawan menjadi pengusaha. Entah karena pemutusan hubungan kerja maupun memilih berusaha secara independen.

Tak peduli apa alasan menekuni dunia usaha, tetapi yang pasti adalah ketika menjalani, harus dikerjakan dengan berdedikasi dan jeli. Memilih jenis usaha, mengatur pemasaran, efisiensi produksi, pengaturan keuangan dan pengembangan semuanya haruslah dijalani dengan kesadaran dan rasionalitas yang tinggi.

Pilihan berusaha dengan barang bekas adalah yang terdahsyat. Jika kita sudah menyelaminya, banyak jutawan bahkan miliarder yang ternyata mengumpulkan rupiah dari memanfaatkan barang bekas. Coba dengan yang paling mudah ini, semoga wawasan semakin terbuka sehingga jalan menuju kesuksesan semakin terbuka.***

1 Comment

  • Barang bekas sering berserakan di rumah? Jangan khawatir dan jangan pusing. Karena barang-barang bekas ini bisa kamu manfaatkan sebagai kerajinan tangan. Tidak hanya membantu kamu dalam membereskan barang bekas tersebut, namun juga bisa memberikan manfaat bagi kehidupan sehari-hari kamu loh.

Leave a Comment