Potret Wirausaha

Bisnis Koi Ala Bang Julian

Bisnis Koi. Keberhasilan itu sebanding dengan seberapa banyak waktu yang Anda curahkan untuk usaha yang Anda jalankan.

Itu adalah pesan dari Bang Julian, pemilik Jatibening Koi, salah satu supplier Koi utama di wilayah Bekasi wilayah selatan dari Jatiasih, Pondok Gede hingga Kranggan. Pesan itu diucapkan bukan tanpa latar belakang. Itu adalah gambaran apa yang ia lakoni semenjak pertamakali membangun usaha ikan koi ini, 7 tahun lalu.

Sebelum menekuni usaha yang berhubungan dengan penyediaan, pemeliharaan sampai konsultasi ikan koi, seorang Julian adalah pegawai swasta yang bisa dibilang mapan. Namun kecintaannya pada wirausaha, membuatnya terjuan total pada usaha ini dan seiring dengan curahan keseriusan pada usahanya, pendapatan pun masuk dan menggantikan gaji yang sebelumnya menjadi andalannya.

Jatibening Koi memiliki keunikan tersendiri karena disana segala perlengkapan kolam koi tersedia dan dibandrol dengan harga yang sangat kompetitif. Halini karena model usaha yang dijalankan seperti penjual grosir, dengan stok yang cukup banyak. Busa filter, japmat, bioball dan batuan penyaring semuanya disiapkan dalam stok yang memadai kemudian dikemas kembali untuk keperluan eceran oleh para pegawainya. Hasilnya, barang-barang itu dapat diecerkan dengan harga relatif murah.

Aneka ikan koi dari kualitas loal hingga import tersedia di Jatibening Koi.

Mengenai usaha ikan koi, bang Julian punya pesan khusus. “Jika ada yang ingin usaha koi, saya sarankan untuk mulai dari suka dahulu.” Ungkapnya. “Karena jika hanya tergiur prospek usahanya, tetapi tidak memiliki hasrat yang cukup, makan saya khawatir usahanya akan sia-sia.” Keyakinan itu juga yang membuatnya tak sembarang menerima tawaran pemodal yang ingin dibuatkan usaha serupa, dibangunkan kolam untuk usaha dan seterusnya. Uang bukan yang pertama, menurutnya.***

Leave a Comment