Ekonomi Kreatif

Belanja Sayuran Online Cara Emak Kekinian

bonijo

Belanja sayuran adalah kegiatan harian setiap rumah tangga. Caranya kini mudah dan canggih karena banyak outlet online untuk barang ini. Apa saja sih?

Sayur mayur adalah kebutuhan penting rumah tangga. Karena salah satu asupan sehat yang harus selalu kita konsumsi adalah dedunan ini.

Di jaman digital ini, sayuran tak kalah dengan produk lain. Kini produk pertanian jenis ini sudah terpajang di jagat maya, sehingga dapat dibeli dengan mudah.

Bahkan startup yang berbasis pertanian dan produk sayur sudah marak di Indonesia. Sebut saja Tanihub, Sayurbox, TukangSayur, Brambang.com, Keranjangsayur dan masih banyak lagi.

Yang masih merintis kecil-kecilan adalah jualan sayur online yang dilakukan oleh teman-teman di Bonijo.

Berkebun di halaman rumah hasilnya dijual di Bonijo. Itu adalah konsep Warung Hidroponik Online ini. (Foto: ujungaspal.com)

Sayur langka seperti Kale, Romaine, Pakcoy, Pagoda, Kailan, Naibai bahkan aneka herbs seperti Rosemary, Dill, Thyme dan daun Mint dijual di Bonijo. Bayam dan Kangkung juga ada lah. Uniknya, semua dihasilkan dari kebun hidroponik para penggiat kebun urban di Bekasi.

Bonijo adalah usaha kecil yang lahir dari aktivitas ibu-ibu yang mempraktikkan ilmu berkebun ala hidroponik di Bekasi. Bonijo digagas dari Bengkel Wirausaha Ujungaspal.com untuk menjadi warungnya sayuran hidroponik produksi para penggiat kebun urban di Bekasi.

Start Up pertanian

Produk pertanian memang masih dan akan terus menjadi komoditi strategis di dunia. Lihat saja, produksi besar-besarana buah dan hasil tani lain di China sudah menggegerkan dunia karena produkya yang bisa menggeser penghasil aslinya. Sebut saja anggur Amerika atau Apel new Zealand, kini disuplai justru oleh China.

Jadi persaingan pemasaran dan produksi hasil agroindustri memang sudah sangat ketat. Belum lagi bicara produk pokok seperti beras, gandum, jagung dan kedelai.

Hadirnya startup pertanian disatu sisi akan membantu petani menemukan pembeli langsung sehingga dengan harapan petani akan mendapatkan keuntungan yang wajar.

Strat Up pertanian lain mengambil sisi produksi dengan mengumpulkan investor untuk menginvestasikan modalnya dengan model crowd funding pada dunia pertanian. Contoh start up ini adalah iGrow dan 8Villages.

Digitaliasasi memang telah mengubah cara berbisnis saat ini. Akibatnya, cara rumah tangga mengatur kegiatannya pun ikut berganti. Seperti cara belanja sayur online ini. Kini tinggal klik dan sayur segar pun tiba di rumah. Semoga para petani bisa mendapatkan manfaat nyata dari semua ini.***

Leave a Comment