Usaha Kreatif

Batik Abstrak Sekarbatu: Menggebrak Batik Nusantara

Written by Kang Amin

Batik Abstrak. Para pengrajin batik di Kabupaten Kulonprogo saat ini sedang dalam gairah kreatif yang luar biasa. Setelah gerakan membeli produk Kulonprogo yang dicanangkan Bupati Kulonprogo, disusul sayembara desain batik khas Kulonprogo diikuti kewajiban berbatik Gebleg Renteng (nama desain pemenang sayembara itu), geliat dunia batik Kulonprogo mulai Nampak.

Langkah strategis dengan mengorganisasi diri menjadi Paguyuban Perajin Batik Kulonprogo (PPBK) juga memperkuat posisi tawar dan daya saing mereka. Dan dari paguyuban ini saat ini muncul gerakan memproduksi dan mempopulerkan sebuah aliran batik baru yang diprediksi akan menjadi tren batik masa depan. Namanya gaya tersebut adalah batik Abstrak.

Adalah Suyono Sugondo, yang dahulu mengantarkan perajin batik bangkit dan mengorganisir diri, ia kembali membuat gebrakan dengan mendirikan paguyuban perajin batik abstrak SEKAR BATU.

Paguyuban ini mewadahi para perajin dan seniman batik yang khusus memproduksi batik kontemporer jenis abstrak.

Mengenal Batik Abstrak

Batik abstrak secara mudah adalah batik yang tidak menganut pakem seperti lazimnya batik tempo dulu. “Ini batik genre baru, batik tanpa pakem. Batik sak karepe dhewe (semau kami-jw),” kata Sugondo. Aliran ini diprakarsai oleh seniman batik Kulonprogo bernama Sugito yang puluhan tahun menekuni dunia batik dan memiliki keahlian khusus dalam seni lukis abstrak. Kepiawaiannya dalam melukis abstrak dipadu dengan teknik canting batik tulis, melahirkan karya batik baru yang unik dan indah dikenakan.

Sugito, pencetus aliran Batik Abstrak Kulonprogo.

Sugito, pencetus aliran Batik Abstrak Kulonprogo.

Soal julukan, ada yang mengatakan aliran ini adalah ‘batik dewa mabuk,’ atau ‘batik uwuh’(uwuh = dedaunan kering yang berserakan) karena tidak mengunakan aturan pakem.

Batik ini sebenarnya dibuat tetap menggunakan teknik membatik menggunakan malam, namun bedanya, motif dibuat dengan dilukis ala pelukis yang sedang menggoreskan kuasnya pada kanvas. Detil pola tetap dibuat dengan teknik canting, sehingga meski bernuansa modern, tetap memiliki detil batik tulis yang klasik dan elegan.

Motif batik abstrak sangat khas dan susah ditiru, bahkan pembuanya pun susah untuk mengulang kembali atau mereproduksi. “Batik ini dibuat satu kain satu motif. Satu pemakai tak mungkin punya kembaran yang sama, nggak ada duanya di dunia.’ Ujar Sugondo.

Sekolah Batik Abstrak

Plang-Batik-Sekar-BatuPemikiran untuk mengembangkan Kulonprogo menjadi sentra batik abstrak juga ditindak lanjuti oleh Sugondo dengan mendirikan sanggar pelatihan batik abstrak di rumahnya.

Sanggar ini dinamai Sanggar Batik Abstrak Sekar Batu. Di sini anak anak muda yang ingin mengembangkan industri batik abstrak bisa belajar membuat sket batik lukis abstrak, mewarna, dan memproduksi kain batik hingga jadi.

Harapannya dengan semakin bayak seniman batik abstrak, Kulonpogo akan menjadi sentra baru sandang nasional berbasis batik.

Batik Abstrak di Jakarta

Jika Anda ingin mengenal produk-produk Batik Abstrak Sekarbatu, bisa dilihat di website Batik Kiankinanti di www.kiankinanti.com, yang menjual produk-produk batik buatan Kabupaten ujung barat Jogjakarta ini. ***

1 Comment

Leave a Comment