Artikel Pilihan Potret Wirausaha

Adi Koi: Pusat Ikan Koi di Jatimekar 

Written by Kang Amin
Ikan Koi memang asyik dipiara.  Tapi di mana mencari perlengkapan kolam koi beserta ikannya di seputar Pondok Gede,  Jatiwarna dan Jati Asih?

Coba saja Adi Koi di Jalan KODAU Raya, Jatimekar.

Pemilik Adi Koi adalah Pak Firman,  pehobi Koi yang mulai berbisnis perlengkapan kolam Koi,  pakan dan ikan Koi sejak 5 tahun lalu. Ia awalnya berkecimpung di dunia budidaya udang lobster dan lele. Namun karena pemasaran yang seret, akhirnya jalan menuntunnya pada bisnis ikan koi.

Perkenalannya dengan ikan asli Jepang ini sesungguhnya bisa dibilang tidak sengaja. Ketika usaha ikan lele dan lobster jatuh, rekannya mengenalkannya dengan Koi. Putranya, yang juga ikut mengelola pemeliharaan ikan Koi ini, akhirnya menjadi pecinta Koi bahkan menjadi pengurus perhimpunan pecinta Koi.

Menurut Pak Firman, Adi Koi memang tidak bisa disebut bisnis yang sukses secara finansial. Namun, pria asli Batak ini, mengaku bahwa usaha ikan ini menjadi hobi dan sarana untuk tetap beraktivitas di usianya yang tak muda lagi kini.

Toko Koi Adi Koi

Berbagai keperluan memelihara Ikan Koi dapat diperoleh di Adi Koi,  seperti tabung filter,  japmat,  bioball,  macam-macam  busa penyaring, pompa air dan lampu UV. (Mau bikin filter kolam sendiri dari bahan yang mudah didapat? Klik disini.)

Selain itu, tentu saja Sahabat Ujungaspal bisa mendapatkan ikan koi pilihan di sini. Koi yang tersedia di Adi Koi bervariasi dan sudah dikelompokkan berdasarkan ukuran dan keelokan warnanya.

Toko Perlengkapan Ikan Koi di Jalan Kodau, Jatimekar, Bekasi. (Foto:Ujungaspal.com)

Koi-Koi di Adi Koi dijual mulai harga Rp. 70 ribu hingga Rp. 3,5juta.

“Sekarang ini Koi kualitas kontes sudah sulit didapat di Indonesia,” begitu ujar Pak Firman. Hal ini disebabkan kualitas pemijahan yang banyak digampangkan oleh para petani koi. Sil-silah indukan Koi sudah bercampur baur sehingga sulit mencari Koi dengan kualitas warna yang prima.

Salah satu kelompok Koi koleksi Adi Koi. (Foto:ujungaspal.com)

“Semoga kondisi per-koi-an kita kembali membaik.” katanya, “Karena sekarang ini koi yang bagus biasanya berasal dari Korea, Jepang dan yang mengejutkan adalah Singapura.”

Orang Jepang terkenal sangat getol mengejar Koi terbaik. Dimanapun asalnya, berapapun harganya dibeli oleh mereka demi mendapatkan keturunan Koi yang berkualitas .

Jadi budidaya Koi masih merupakan peluang, tentu jika dilakukan dengan ilmu dan ketekunan yang memadai.

Mau belanja Koi,  ke Adi Koi saja. Alamatnya ada di Jalan Raya KODAU, No. 7 Telp. 0878 8453 5252***

Pelajaran Wirausaha:

  1. Hobby bisa juga menjadi usaha, tentu pengelolaannya harus dinaikkan dari sekedar untuk kesenangan, menjadi melayani kesenangan orang lain.
  2. Tetap berusaha sepanjang badan masih dikaruniai kesehatan.
  3. Temukan potensi kemampuan diri, tekuni dan perdalam. Dalam kasus Pak Firman, ia menemukan bahwa dirinya cocok berusaha dibidang perikanan.

 

Leave a Comment